Senin, 18 Februari 2013

Hokkaido


Hokkaido dahulu bernama Ezo, adalah nama pulau sekaligus nama prefektur Jepang yang menempati Pulau Hokkaido, Jepang. Hokkaido adalah prefektur terbesar di Jepang, satu-satunya prefektur di Jepang yang dibentuk atas kesatuan 14 subprefektur. Dalam bahasa Jepang,  berarti prefektur.
Kota terbesar di Hokkaido adalah Sapporo yang juga berstatus sebagai ibu kota prefektur.
Pulau Hokkaido adalah pulau terbesar kedua di Jepang. Selat Tsugaru memisahkan Pulau Hokkaido dari Pulau Honshu. Pulau Hokkaido dan Pulau Honshu dihubungkan oleh terowongan bawah laut Seikan. Suku bangsa asli di Hokkaido adalah suku Ainu. Banyak nama daerah yang memakai bahasa Ainu, seperti Sapporo.

Sejarah
Dalam bahasa Ainu, pulau ini disebut Ainu mosir yang berarti "tanah tempat tinggal manusia". Orang Jepang hingga akhir zaman Edo menyebut pulau ini sebagai Ezo atau Hokushu. Ketika badan pemerintah untuk pembukaan Hokkaido (Kaitakushi) didirikan, Pemerintah Meiji memutuskan untuk mengganti nama Ezo. Takeshiro Matsuura yang pernah ikut dalam penjelajahan Hokkaido mengirimkan laporan kepada pemerintah, dan mengusulkan enam pilihan nama untuk Ezo. Pemerintahan Meiji memilih nama Hokkaidō (北加伊道?) sebagai pilihan pertama dan Kaihokudō (海北道?) sebagai pilihan kedua. Nama "Hokkaido" akhirnya dipilih untuk menamakan Pulau Ezo mengikuti sistem hukum Ritsuryo yang membagi wilayah Jepang menjadi Tōkaido (bagian timur), Nankaido (bagian selatan), dan Seikaido (bagian barat).

0 komentar:

Posting Komentar